Jumat, 16 Desember 2011

Hari Jumat-ku..

Hari jumat adalah hari raya nya umat Islam di satu pekan. Bukan hari-hari lainnya lantas tak baik, tapi memang Yang Esa mengistimewakan hari jum'at dengan segudang berkah, eh kekecilan ya kalo hanya gudang, hmm.. oke, jutaan berkah, yang salah satunya seperti yang dikabarkan utusanNya, rasul Muhammad shalallahu alaihi wasallam, "Pada hari Jumat ada waktu yang mana seorang hamba muslim yang tepat beribadah dan berdoa pada waktu tersebut meminta sesuatu melainkan niscaya Allah akan memberikan permintaannya" (HR Bukhari - Muslim


Selalu merindu hari Jum'at..

Satu perjalanan yang menyenangkan bagi saya, yang saya lakukan di hari jumat, salah satunya adalah menghadiri tahsin Qur'an. Aktifitas rutin saya yang saya lakukan beberapa bulan lalu. Berangkat jam 11 pagi, dengan berganti tiga kali angkutan umum, adalah satu hal yang menyenangkan bagi saya. Menunggu beberapa menit angkutan metromini yang lewat itu satu hal yang biasa saja, tapi begitu armadanya lewat, ada rasa senang yang tak tergambarkan, lupa telah lelah berdiri, saya menyebutnya bentuk syukur kepada si sopir, sama-sama pencari rizki. Begitu sampai satu titik, harus berganti lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju satu titik yang lain untuk berganti satu angkutan umum terakhir sampai tujuan, angkot berwarna biru bernomor 102 tujuan Parung Bingung - Depok.


Sampai di tempat tujuan adalah hal yang sangat membahagiakan, bertemu dengan ustadzah yang luar biasa, seorang hafidzah, istri sholehah, dan seorang umm (ibu) dari 3 laki-laki hafidz, dan 1 laki-laki kecil yang lucuu.. :) Biasanya, sampai di tujuan sekitar jam setengah satu lewat (banyak) hehe.. 2 jam lebih adalah perjalanan yang menyenangkan untuk hal ini.. menikmati pengamen yang suaranya bagus sampai yang sangat ala kadarnya, menjadi kesempatan mengasah keikhlasan.. Dengan keadaan perjalanan yang jauh, alhasil jika saya belum makan siang sebelum berangkat karena merasa belum lapar, membuat saya kelaparan sampai sana hehe.. bukan mengharap dihidangkan makan siang, tapi ummi memang selalu menyuruh makan walau kita sudah makan, minimal makan lauknya saja atau menemani beliau di meja makan. Aktifitas sebelum pelajaran tahsin dimulai. Ini sangat menyenangkan. Segala puji bagiMu ya Allah..

Teman-teman peserta tahsin lain mana? Ngga ada, hehe.. Soalnya menurut ummi saya sudah tertinggal dan supaya fokus dengan tahapan saya, sedangkan tidak ada jadwal lain selain hari Jum'at, what a day! ^^ Oh, ada satu teman tahsin, ya, hanya kami berdua pesertanya, namanya Oki, seorang mahasiswi UI yang hadir tahsin sepulang kuliah, langsung dari kampus. Lalu tahsin akan selesai pada pukul 4, karena di pukul 3 lewat, laki-laki kecil ummi akan sampai rumah sepulang sekolah dengan tanda teriakan seturunnya dari mobil, "Ummiiii...." dan itu akan cukup membuat konsentrasi ummi terbagi. Perjalanan pulang pun akan sangat saya nikmati, senikmat saya melakukannya saat berangkat.. :) dan teman satu-satunya di pelajaran tahsin itu mendoakan ketika tahu saya harus menempuh waktu 2 jam untuk sampai tujuan, "InsyaaLLah akan Allah ganti dengan pahala yang banyak, mbak.." Aaamiin..

Nah, itulah satu aktifitas hari jumat saya yang menyenangkan, baik di perjalanannya, apalagi proses belajarnya. JazakiLlahu khaira jaza, ummu Syafiq.


----


Selamat berakhir pekan,
@dianmartiandani

2 komentar:

zone mengatakan...

seharusnya kalo hari jumat hari raya hari jumat libuur donk...
usul yuuuk...
:)

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

kalau hari jumat saya shalat jumat di kampus :D