Minggu, 26 Juni 2011

Blogilicious Milad Jakarta

"Man behind the Gun." - Woodrow Wilson (Presiden AS 1913 - 1921) Dialah di balik kalimat ini. Ketika ia begitu membanggakan isterinya di balik sukses karirnya. (correct me if i'm wrong). Kalimat itu pun bisa diberlakukan bagi dunia maya atau yang berhubungan dengan Information Tecnology atau Teknologi Informatika. Dunia maya akan menjadi senjata yang baik tergantung pada para penggunanya, seperti kutipan di atas. Lalu, saya merasa bahwa semua penghuni dunia maya mempunyai tanggung jawab yang sama untuk memanfaatkan dunia maya atau internet menjadi sesuatu yang lebih dari kata berarti. Siapa penghuni dunia maya? Mereka lah para pengguna blog-blog atau web-web gratisan ataupun berbayar, apapun profesi dan latar belakangnya, yang kemudian disebut BLOGGER.

Nah, akhirnya tadi sore saya menuntaskan kehadiran di acara yang luar biasa. Acara itu adalah Road Blog dengan nama Blogilicious yang diprakarsai oleh idBlogNetwork untuk kota Jakarta dan sekitarnya (termasuk Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang). Lalu, karena bersamaan dengan Milad komunitas Blogger Depok, deBlogger tahun kedua, maka idBlogNetwork menitahkan deBlogger sebagai mesin penggerak yang hebat untuk acara Blogilicious Jekardah! (worship)

Blogilicious Milad Jakarta

Inilah tema yang diangkat untuk tulisan ini :-) Acara yang diadakan pada hari sabtu - minggu, tanggal 25 - 26 Juni 2011 ini mempersembahkan semi seminar dan workshop yang membuka wawasan dan ilmu-ilmu seputar Blog / Web / Social Media / dan kawan-kawannya. Jujur karena saya datangnya on time, on LUNCH time (ninja)  maka saya tertinggal dua materi....... zzz

Hup!! Ini dia laporannya :



Day #1

Hari pertama acara ini diawali dengan materi Etika dalam Blog oleh mbak Risa Amrikasari, founder web www.perempuanindonesia.org. Sebebas-bebasnya atas nama hak asasi manusia, etika tidak bisa diabaikan begitu saja. Sesuatu kebaikan ada syaratnya, dan etika yang dimaksudkan adalah sesuatu yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di keseharian. Tapi sayang, saya belum hadir saat mbak Risa presentasi dan harus puas dengan menerima handsout materi dari panitia. Saya sampai di lokasi ketika materi Mobile Blogging disampaikan oleh bapak Kuncoro, seorang pegawai PT. Telkom pakar IT yang beralamat di kun.co.ro. (unik ya alamat web beliau..) Beliau menyampaikan tentang bagaimana seorang bloger tetap bisa memposting tulisannya melalui mobile phone. Seru. Lalu dilanjutkan oleh penyampaian materi Social Media oleh pak Nukman Lutfhie dengan gaya penyampaian yang segar, menarik, dan ngeselin! Gimana nggak ngeselin, berkali-kali ngata-ngatai diri sendiri ganteng, muda, dan orang kaya! >.< saya nggak berhenti ketawa... hadeu~ Lalu dilanjutkan penyampaian informasi menarik tentang Asean Blogger, oleh seorang mantan dubes Polandia, pak Haz Pohan. Kemudian terakhir, hari pertama acara Blogilicious ditutup oleh pak Vavai yang membawa materi Blogpreneur. *cring-cring* *mata ijo*

Sebelah kiri pak Nukman, sebelah kanan pak Haz Pohan.

Day #2

Lagi-lagi terlambat (ninja) dan saya masuk ruangan dengan sempet-sempetnya menenteng teh panas manis dan kue sus ke dalam ruangan. Mbak Ajeng, seorang IT, mantan hacker (woot) dan seorang dosen, sudah berdiri tegar eh tegap di atas panggung menyampaikan tentang SEO atau Search Engine Optimation bagi Blog atau web pribadi. Tentang bagaimana mengoptimasi agar web atau blog kita berada di halaman pertama di search engine seperti Google. Lalu dilanjutkan oleh seorang IT juga asal suroboyo, mas Frenavit Putra, yang membagi ilmunya dengan bahasa-bahasa yang dahsyat (saking saya nggak ngerti), yakni tentang pentingnya Blog Security. Untuk keduanya (worship) Rangkaian materi hari terakhir ini ditutup dengan tampilnya pemrakarsa acara, idBlogNetwork, oleh para founder yakni mbak Mubarika dan mas Kukuh. Mereka berdua memberikan tugas Job review kepada 4 orang senilai Rp. 1.000.000 untuk satu review tersebut!

Sebelah kiri mbak Ajeng, sebelah kanan mas Frenavit.
Selesai workshop, acara dilanjutkan dengan acara puncak miladeblogger yang kedua. Dimeriahkan dengan potong kue tart, Bogger Idol, games-games yang cukup menarik, dan pengumuman lomba-lomba yang kreatif! (applause) Sungguh luar biasa panitia dan sponsor... Lomba-lomba kreatif itu antara lain : Bawaan terberat, pakaian peserta paling unik, live tweet paling kreatif, dan foto paling kreatif selama acara berlangsung. Hadiah-hadiahnya : Buku, modem, hape, dan perangkat wifi!

Lalu saya dengan rasa syukur dan nggak nyangka, membawa pulang sebuah hape dual CDMA - GSM Flexiberry, gara-gara iseng menggambar coret-coret lalu saya foto dan saya sertakan di tweet selama mas frenavit menyampaikan materi, hehe.. :


Sekian cerita saya tentang dua hari kegiatan Blogilicious Milad Jakarta... :-) Harapan saya, acara ini tidak berhenti sampai di sini dan para peserta mau mengoptimasi blog atau web pribadi, terutama saya pribadi, untuk lebih mementingkan orisinalitas dan kualitas konten blog sesuai dengan karakter blog atau web masing-masing, seperti petuah mbak Ajeng, "Content is King."

Terimakasih deBlogger dan idBlogNetwork. (cozy)


________________________________________

26 komentar:

Iman mengatakan...

Pertamaxxx!!!!

Wah Dian keren banget liputannya, lengkap dan menarik. Sayang nggak ada foto saya, kalau ada pasti lebih menarik #ditoyorpakecupcake

Eitu ada sedikit ralat, acara Blogilicious ini digelar di 7 kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Makasar, bandung, dan Jakarta.

Selamat ya dapat HP Flexi #bikinngiri. Fotonya keren, coba mas Frenofit liat foto ini ya, penasaran sama ekspresinya hihihi

Dian Eka mengatakan...

Iya mas gak disebutin, mksdnya dalam kurung itu yg termasuk blogilicious Jakarta... beda lg dg yg 6 kota selain Jakarta.. gituu :)

Mas frenavit liat kok :D Sayang mau buka dus hape nya euy hehe..

Foto mas iman? Tunggu uploadannya.. :))

Blogilicious Van Bandung mengatakan...

Wah, keren ya, lengkap laporannya, walau telat terus heheheh! salut deh!

Dian Eka mengatakan...

Ng...... *ngumpet*

Nunik Utami mengatakan...

Halow, Mbak Dian... Salam kenal juga ya. Btw ini Mbak DIan yang kemarin menang lomba foto ya kalo gak salah? Maaf kalau salah :D

Dian Eka mengatakan...

Iya mbak Nunik.. :'>

cici silent mengatakan...

Wuah... keren juga liputannya, semoga menang kontes SEO (goodluck)

tree susilo mengatakan...

Salam kenal ya mbak Dian..dan tak lupa saya ucapkan selamat atas kemenangannya lomba foto yg diadakan kemarin, sayang saya ndak ikut lomba fotonya....:))

Dian Eka mengatakan...

@cici. Makasih dido'ain.. (cozy)

@mas tree. Makasih mas, itu iseng padahal, alhamduliLLah.. :-))

Dunia Dalam Kata mengatakan...

waah,, keren..keren...
sayangnya di palembang gak ada acara yang kayak gitu..

Dian Eka mengatakan...

@akh candra. Ada akhi.. :-) Jakarta adalah kota terakhir setelah Road Blog Blogilicious ini dari 6 kota sebelumnya termasuk Palembang. Klo tulisan ini judulnya Blogilicious Milad Jakarta, klo Palembang, Blogilicious Kito Palembang :-))

Link infonya ada di tulisan saya ini juga ^^

aRuL mengatakan...

wah selamat ya postingannya, ntar ta CC ke frenavit :D hehe

anyway info aja pak Pohan sudah mantan dubes :D

Dian Eka mengatakan...

@mas aruL. Makasih mas, ini sambil belajar.. amatirannya nampak sekalii (lol) Oiya sdh di revisi infonya :p

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

saya jadi tau..
asli baru tau tentang acara begituan. sungguh berharap suatu saat bisa berpartisipasi :D

SetandanPisang mengatakan...

ikut ngeramein komentar ahh... :D
ternyata banyak yg ikut dan aku lum banyak kenal nih :)

Dian Eka mengatakan...

@Ra-kun lari-laRian. Nanti ikutan yaa.. InsyaAllah ada manfaatnya :-))

@SetandanPisang. Haaai.. kmrn ikut? Saya juga blm byk kenal kok, cuma kenal sepasang suami istri yg komen di atas.. #eh (ninja)

blackgerry mengatakan...

liputan keren, salam kenal yah :)

abdul hakim mengatakan...

ah ini dia yang menang foto tweet.. sumpah mba, gambarnya keren banget

Dian Eka mengatakan...

@Mas Gerry. Salam kenal juga mas, makasih banyak yaa sdh sudi ngintip di laporan amatir saya ini.. :-))

@Abdul Hakim. Hihihi.. Abis saya pusing sm istilah2 yg disampaiin mas frenavit sih.. :p

iptek mengatakan...

artikel nya bagus mbak, ada foto2 nya.. pnya ku ga ada.. ga bawa kamera.. hehehe

Dian Eka mengatakan...

hehe.. saya pake kamera hape aja kok :-)) makasih yaa sdh ngintip..

Frenavit mengatakan...

Wehehehe... mantep laporannya.. BTW selamat untuk HPnya.. ehehehe.. Eh ya ma'af kalo materi yang aku sampe'in susah dimengerti.. lah mau gimana lagi :D

Dian Eka mengatakan...

Haduuuuh.. ngumpet di mana ini..
Hehe iya sih mas, jadi ya wis gambar aja, yg pasti maksudnya ngerti kok mas, tp gak ngerti cara masang satpam di Blog.. (ninja)

Makasih mas, sudah mampir.. :-))

iLLa mengatakan...

ngahahaha.. disamperin sm bodrex sampe kesini ternyata :))
hapenya dipake ga? kalo ga boleh dilempar kesini tuh.. *siap2 nangkep*
eh btw ini lomba SEO ya? wahh.. semoga menang lagi, dapat hadiah lagi, trus dilempar lagi.. trus... *ngelunjak

maap baru sempat BW, soalnya baru ada tulisan baru juga di illawisedotkom.. *komen promosi

Dian Eka mengatakan...

Zzzz.. -____- Niat doanya sdh gak lurus nih.. *speechless baca komen illa* (taser)

asia stock market live mengatakan...

waduh blognya memimpin nih di lomba semi SEO...cheers :D