Rabu, 11 Mei 2011

Langgam Sahabat..

Langgam sahabat.. Langgam artinya gaya irama dalam nyanyian / senandung atau gaya khas atas sesuatu atau adat kebiasaan. Sahabat artinya seseorang yang mendukung ditiap impian-impian kita, pekerjaan, dan menghibur disaat duka, terlepas dari sisi negatif atau positif.

Saya menyukai pertemanan, saya mencintai persahabatan, dan ini merupakan hal yang siapapun juga merasakan demikian. Sejahat apapun hatinya. Siapapun bisa menjadi seorang sahabat dalam hidupnya. Siapa saja. Tergantung pada prinsip masing-masing dirinya. Hendak menjadi sahabat dalam hal apakah kita? Hendak menjadi sahabat yang seperti apakah kita?

Jika kita mempunyai sahabat yang begitu mencintai kita, sering mendukung kita dalam setiap pekerjaan kita, lalu menghibur kita disaat kita mendapat kesedihan, wah betapa bahagianya kita ya? Tapi adakah sahabat yang mencintai kita itu mengingatkan kita dikala kita melakukan kezhaliman? Maka disini kita akan menemukan jawaban, sahabat seperti apakah yang telah setia pada kita itu.



Ada ungkapan yang saya baca di web pak Jamil Azzaini (ya, saya sedang sangat menyukai tulisan-tulisan beliau) : Orang yang selalu merendahkan orang lain ketika bersama Anda, iapun akan merendahkan Anda ketika ia bersama orang lain. Apa yang sahabat pembaca pahami dari ungkapan ini?

Bagi saya, kalimat ini bukan untuk sekedar menilai sahabat seperti apakah sahabat kita. Tapi menjadi pengingat diri, sahabat seperti apakah kita bagi orang lain? Atau mungkin bahkan kita bukanlah sahabat siapa2? Mungkin kita tidak menyadari, ungkapan di atas sebenarnya ditujukan kepada kita pribadi. Di saat kita bersama seseorang, apa yang kita bicarakan kepadanya? Membicarakan hal-hal yang baik kah? Atau merendah-rendahkan orang lain didepannya? Kesimpulannya, jika YA jawabannya, maka kita BUKAN lah seorang sahabat kebaikan, akan tetapi kita adalah sahabat KEZHALIMAN.


Lalu pertanyaan lagi, benarkah jika seorang sahabat merendahkan orang lain di depan kita, iapun akan merendahkan kita didepan orang lain. Saya katakan, ya. Karena seseorang dapat kita lihat bagaimana watak aslinya, disaat kita berinteraksi dengannya lalu berdiskusi atau sekedar berbincang-bincang dengannya, lalu melihat caranya menyelesaikan permasalahan-permasalahan. Jika kita melihat cara dia memperlakukan seseorang lain dengan buruk dihadapan kita, maka itulah kebiasaannya. Langgam sahabat yang buruk..


If you can't to be a friend, don't be a disturber.
If you can't to be a friend, don't be a hurter.
Because, when we disturb and hurt, we are not a friend, moreover a bestfriend.

tapi..

"Siapapun bisa menjadi sahabat. Sahabat kepongahan atau sahabat kerendahhatian. Sahabat kelaliman atau sahabat kebenaran. Choose it."

_________
Salam sahabat,
@dianmartiandani

6 komentar:

choirunnangim mengatakan...

assalamu'alikum...
wah saya bingung. harus milih sahabat yg bagaimana...?

Dian Eka mengatakan...

Bingung kenapa? Maaf ini bro atau sist ya? :)

Muhammad Luqmanul Hakim mengatakan...

tapi, walaubagaimanapun, sahabat itu baik koq....tapi ya, kalau ada sahabat yang tidak baik, berarti makna sahabat di sini sahabat kelaliman, sahabat kepongahan...wah, itu kayaknya nggak baik...tapi itu kan bukan sahabat dalam arti sebenarnya?

Dian Eka mengatakan...

Hehe.. klo menurut kamus besar bahasa indonesia, secara umum sih sahabat itu kawan dekat yg sangat tau kita saat senang dan sedih, lebih dari sekedar teman biasa :) Jadi bisa sahabat dalam hal yang baik atau sahabat dalam kezhaliman.

UBC ONLINE SHOP mengatakan...

wah hebat informasinya thx sob,salam kenal...

Dian Eka mengatakan...

@UBC Salam.. :)