Selasa, 19 Oktober 2010

What Socmed made for?

Tema yang menarik saat ini, saya rasa tidak akan ada yang menyangkal kalau salah satu yang akan saya sebutkan adalah : Jaringan Sosial (Soccial Media) di dunia maya ^^ Setuju kan?

Jika diperinci satu persatu, berbagai media sosial yang bertebaran itu tentu sangatlah banyak. Ada Blogspot, Wordpress, Tumblr,  Facebook, Twitter, Friendster, MySpace, Yahoo Koprol, Plurk, dan banyak lagi. Semua mempunyai fasilitas umum yang sama : Sharing tulisan dan gambar di web pribadi, yang dapat dilihat oleh teman-temannya ataupun siapa saja yang menemukan alamat web pribadinya. Yang menarik, GRATIS! Bahkan kita tidak mengeluarkan dana untuk membuat sebuah media berbagi ini. Dengan potensi tanpa batas, bagi kita yang senang berbagi info (bisnis), ini merupakan kesempatan baik. Maka dari Gratis to Laris manis! :D Kalau untuk hal ini saya belum jadi ahlinya :p InsyaAllah segera deh! aamin :)


Ok lanjut. Tujuan dibuatnya jaringan sosial atau media sosial seperti mereka-mereka di atas tentulah sebagai ganti profile diri di dunia maya. Siapa kita, info apa dari kita, saling membagi info, sama halnya di dunia nyata, tentu saja yang membedakan, perwakilan profile diri hanyalah perwakilan maya, yang tetap memerlukan pertemuan fisik jika ingin jaringan sosial ini memiliki manfaat yang nyata. Jika belum terjadi pertemuan fisik pun, paling tidak tulisan kita membawa informasi yang bisa dimanfaatkan teman-teman yang membaca. ^^

Saya selalu kagum dengan teman-teman yang rajin sekali membagi informasi-informasi melalui media sosial mereka. Dari hal sederhana sampai yang benar-benar info penting. Gairah menulis menurut saya sebanding lurus dengan gairah membaca ^^ Kata seorang penulis, "Penulis adalah Pembaca yang baik" Jadi dalam hal ini, media sosial mereka akan menjadi manfaat jika apa yang mereka bagi adalah informasi yang manfaat, meski sederhana, misalnya info macet, cuaca, atau hal-hal keseharian seperti inspirasi mau masak apa hari ini ^^ Menarik bukan?

Hmm, kalau yang males nulis, apakah berarti bukan pembaca yang baik? Belum tentu menurut saya, kasus ini hanya karena dia enggan nulis :) Padahal dia punya banyak modal informasi yang lebih banyak dibanding dengan yang malas membaca. Di Indonesia, secara umum minat baca masih rendah. Sehingga, sebagian besar jaringan sosial atau media sosial yang sebenarnya bisa menjadi modal sharing informasi termudah dan murah, hanyalah menjadi tren atau ajang keluh kesah atau berbagi berita pribadi yang bisa bersifat sekedarnya, dan tidak diimbangi dengan tulisan-tulisan yang menarik sekaligus manfaat, tentu saja HASIL dari bacaan-bacaan manfaat yang telah mereka baca.

Bukan berarti saya rajin baca, tapi ini merupakan sharing bersama, bagi saya pribadi terutama. Jaringan sosial yang saya miliki akun nya adalah : Blogspot (tentu saja), Tumblr, Facebook dan Twitter Saya berharap dengan sedikitnya ilmu yang saya miliki, saya tetap ingin bisa berbagi informasi :p minimal pendapat pribadi tentang sesuatu.. ^^

Alhasil, media sosial di dunia maya dapat memberi banyak manfaat juga selain sebagai perwakilan diri di sana ^^ Bisnis ataupun berbagi informasi bagi pembaca tulisan-tulisan di dunia maya. 

7 komentar:

Laura Permana mengatakan...

hey dian..
kemarin jadi nya ikut pesta blogger di epicentrum mall??
aku dateng tp gax sampai slesai..

aLamathuR d'hileudjapanist II mengatakan...

socemed emang dah jadi semacam fenomena dalam masyarakat.. siapa yang ga masuk ke salah satu lingkungan tersebut, sering dianggap 'belum gaul'...

saya sendiri, sudah cukup lama sebagai pengguna fs, fb, wp, dan blogspot. Dan minggu kemarin, baru aja daftar di tumblr... sekedar untuk coba2 fiturnya...

dian eka mengatakan...

@laura. Iya datang.. :) dn smpe selesai.. salam kenal ya.. makasih nih sdh berkunjung ;)

dian eka mengatakan...

@almathur. Saya ingin sekali aktif menuangkan tulisan2 di blog sy tercinta ini :D tp, entah ada aura apa kok ya gak nulis2.. hehehe... sy jg awalnya fs, mp, trus blogspot, malahan fb blm 2 th, twitter baru2 aja, dn lbh baru lg Tumblr, br skitar 4 bulan :) Selamat berblogging ria! Makasih sdh brkunjung..

Iman mengatakan...

yang ironis kadang seseorang sedemikian eksis di dunia maya tetapi dalam keseharian dia justru tak memiliki kehidupan sosial.

Nice posting :D

dian eka mengatakan...

@mas iman. Makanya ada kopi susu, eh kopi darat =))

nashrul mengatakan...

setuju mbak... tp apa yang dsampaikan mas Iman itu memang harus diwanti2..

salam kenal, kunjungan pertma nih..inginbanyak belajr dari yang gratis dan laris manis