Selasa, 27 April 2010

Sebuah rasa..

Kita bermain-main..
Siang siang hari senin..
Tertawa satu sama lain..
Semua bahagia.. semua bahagia

Kita berangan-angan..
Merangkai masa depan..
Dibawah kerindangan dahan..
Semua bahagia.. semua bahagia..

Matahari.. seakan tersenyum :)

Walau makan susah, walau hidup susah
Walau tuk senyum susah, rasa syukur ini karena bersamamu, juga susah dilupakan..

Oh kubahagia..

--- kubahagia by Sherina Munaf

Saya tahu, lagu ini lagu yang sudah lama sekali release.. tepatnya sebagai soundtrack film Laskar Pelangi :) seorang teman mengatakan sesuatu pada saya saat saya mengatakan :

"Mbak, saya lagi suka lagu ini!" dengan penuh kebinaran. Dia menjawab,
"Lha.. ini kan lagu lama.. soundtracknya Laskar Pelangi." dengan polosnya aku respon.
"Masak?"  hehehe ketahuan gak gaul deh.. jadi saya tau klo itu soundtrack lagunya Laskar Pelangi setelah diingatkan teman saya itu... ck ck ck :p

Oke. Bukan itu sebenarnya yg mau dibahas (hehe kisinan ceritanya..) Yg hendak diangkat adalah isi dari lirik lagu itu. Saya begitu tersentuh, sederhana sebenarnya.. tapi sungguh saya menyukai lirik ini : rasa syukur ini karena bersamamu, juga susah dilupakan.. dan keseluruhan dari lirik ini menarik :)  menggambarkan suasana bermain, bersuka cita, dan saling berbagi dlm sebuah kebersamaan. Indah. Manis. Membuat tersenyum bagi yang mendengarkan lagu ini.

Mengingatkan pada sebuah anugerah indah dari Sang Maha Pecinta, Allah, yakni Persahabatan, yang menjelma menjadi Persaudaraan.  Sebuah tema yang tak pernah membosankan untuk dibahas. (saat saya menulis ini pun sambil mendengarkan lagu itu). Terus terngiang-ngiang di kepala saya, orang2 yang telah tertoreh nama-nama mereka di ruang hati. Hmm.. *melankolis mode On deh. Nama dan wajah mereka bermain-main di ruang hatiku, kemudian kisah2 bersama mereka tiba2 hei...! jadi sebuah pelangi.. :)  hmm.. kenapa pelangi? mungkin karena bersama mereka tak selalu bahagiaaaaa.. namun penuh suka duka, marah, tertawa, dan lain sebagainya.. warna merah bisa sebagai rasa semangat, warna hijau bisa sebagai rasa ketentraman, warna biru bisa sebagai rasa romantis (halah ngarang!) pokoknya setiap warna menandakan keberagaman situasi dan rasa yg pernah dirasakan bersama mereka-mereka, para sahabat yang telah membersamai sejak mengenal kata dan mengenal rasa.. hmm :)

Eh, sekarang saya sedang mendengarkan lagu ini :

Sebiru hari ini, birunya bagai langit terang benderang, Sebiru hari kita, bersama di sini..
Seindah hari ini, indahnya bak permadani taman syurga, seindah hati kita, walau kita kan terpisah..


Bukankah hati kita telah lama menyatu, dalam tali kisah persahabatan ilahi..
Pegang erat tangan kita terakhir kalinya, hapus air mata meski kita kan terpisah..
Selamat jalan teman, tetaplah berjuang, moga kita bertemu kembali..
Kenang masa indah kita, sebiru hari ini..


--- sebiru hari ini by EdCoustic.


Hmm lagi-lagi perlu merenungi kisah-kisah berjuang bersama, bersama sahabat2 yg telah mengajak ke dalam jalan juang ini, terngiang sahabat2 yg telah "memaksa" kita untuk melibatkan diri dalam sebuah jalan yang sering beronak duri ini.. hmm.. yang akhirnya kita justru jatuh cinta jadinya. Jatuh cinta pada jalan suka duka, jalan cinta yang pernah dilalui oleh para sahabat rasul.  Walau kontribusi kita masih jauuuuuuh sekali. Jalan cinta itu adalah jalan keimanan, jalan perjuangan, yakni menuju Allah swt.

Sahabat2 yang mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran..
"Demi masa. Sesungguhnya orang-orang berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran."  ~ terjemahan Qs Al 'Ashr : 1-3


Seperti beberapa hari yang lalu, saat saya merasa down dn merasa gagal menjadi seorang sahabat yang baik. Dia mengatakan : "Cukup Allah ukhti, semakin kita hanya berharap Allah, maka semakin bebaslah kita dari kesempitan hati dan semakin bahagialah hidup ini (karena rasa syukur)"

*Terharu..

Sungguh kado terbaik adalah seorang sahabat yang mampu menerima kita apa adanya, mengingatkan dikala lupa, mendukung dikala benar, dan menasehati dikala salah..  Seperti saat seorang adinda mengungkapkan rasa cintanya pada saya malam ini *berbunga-bunga ni ceritanya ^^  hal ini merupakan hadiah kecil yang berharga dari Allah. Apalagi jika seorang saudara menyatakan mengenal kita merupakan sebuah mimpi, alangkah bahagianya kita ya? Padahal bagi saya mencintainya adalah kado kecil berharga.. mencintai seseorang adalah sesuatu, dicintai seseorang adalah indah, dicintai seseorang yang kita cinta adalah istimewa.. :)

Hhh.. Cukup Allah bagiku.. Rabb..
Perjalanan cinta masih sangatlah panjang.. yuk mari warnai hati dengan pena2 terbaik kita.. mencintai Allah, mencintai kekasih Allah, mencintai saudara seiman dengan sederhana namun berbuah kemewahan syurga, aaamiin ya Allah.

Abdullah bin Masud ra., ia berkata: "Seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw. dan berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang seseorang yang mencintai suatu kaum namun dia belum dapat bertemu dengan mereka? Rasulullah saw. menjawab: Seorang akan bersama orang yang dicintai." (HR Muslim)

Kututup dengan kisah ini :
Sebuah kisah, pada suatu malam Umar bin Khaththab teringat kepada seorang sahabatnya, dan ia terus bergumam lirih : “Mengapa malam ini terasa begitu panjang.” Maka setelah menunaikan shalat Subuh, Umar segera menemui sahabatnya itu dan memeluknya dengan erat! Sbuah penggambaran yg menyentuh dr sosok sekeras Umar ibn khaththab, yg setan pun lebih memilih jalan lain jika berpapasan dengannya.



Allah..

pojok jakarta, 27 April 2010
12.53 am
al fakir

2 komentar:

taftazani mengatakan...

*kini dengarkanlah, dendangan lagu tanda ingatanku kepadamu teman*

:)

dian eka mengatakan...

thanks for commenting my note :) lirik2 yg menginspirasi utk tulisan yg baru.. *any idea? :)